iklan dibawah header

INI HAL YANG DI PELAJARI DAN KISI – KISI DARI PERINGKAT NILAI TERTINGGI 428, 420, 409 TEST CPNS 2019-2020

INI HAL YANG DI PELAJARI DAN KISI – KISI DARI PERINGKAT NILAI TERTINGGI 428, 420, 409 TEST CPNS 2019-2020

Baiklah dalam postingan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai soal-soal tes CPNS 2020 atau Tes CPNS 2019 yang berlangsung pada tahun 2020. Kenapa harus cari tahu tentang soal-soal CPNS secara lebih mendalam? Karena inilah penentu lulus tidaknya peserta ditentukan oleh banyaknya jawaban yang benar maka akan berpengaruh terhadap besarnya skor yang diperoleh sehingga mampu mencapai ukuran minimal passing grade yang telah ditentukan.

Adapun untuk soal SKD CPNS tentu semuanya sudah tahu bahwa ini menjadi 3 bagian mulai dari TWK TKP dan TIU. Meskipun ada tiga kategori tersebut namun pada kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai soal tes CPNS yang mendapat peringkat nilai tertinggi, Apa saja sih bocoran jawaban dari soal CPNS yang FR raih peringkat nilai 428, 420, dan 409 2019-2020 kali ini. Nah, di mulai dari yang pertama untuk nilai FR 428 “ Hari ini SKD saya alhamdulillah melebihi ekspetasi karna saya tidak mengikuti bimbel, Cuma baru ikut Youtube belajar sekitar 3-4 hari dan dapat membantu sekali” nilai saya alhamdulillah paling atas. Untuk soal SKD yang saya ingat:

1. Peranan Soegondo dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928. ( jadi setiap FR harus bisa pelajari peran setiap nama-nama tokoh perjuangan contohnya : muh. Hatta, Soegondo, Dll) intinya teman-teman pelajari aja setiap perannya.

2. Peran batik dalam nasionalisme (disini bagaimana kita sifat nasionalisme terhadap batik / perwujutannya seperti apa )

3. Pidato pak Soekarno (intinya kita harus bergerak secepat kilat jangan terlalu fokus dengan hal-hal kecil tetapi fokus ke yang besar sesuai sejarah)

4. Tokoh bangsa dalam merumuskan ( intinya terkait kebersamaan mereka apa yang di kesampingkan) nah,untuk soal no 4 ini TWK banyaknya penalaran.

Saran untuk peraih nilai 428 disini saya kasih tau buat teman-teman lebih mending yang di kerjain dari awal TIU, karena menurut saya gampang banget. Kebanyakan tebak-tebakan gambar. Dan saya kebagian bilangan pecahan 2-3 soal terus aritmatika sosial sekitar 2 soal.

Untuk FR yang nilai 420 “alhamdulillah saya mendapat nilai di atas 400” kalau FR sebetulnya kaya teman-teman yang sudah share ke yang lain. Dan soal yang saya dapatin seperti ni min :
TWK : soal TWK rasa TKP , panjang panjang, dan lebih ke analisis dan pendapat kita gimana, kalau pasal tidak keluar. Kalau tokoh Radjiman Wedyodiningrat selain sebagai ketua BPUPKI beliau juga seorang apa ? (dokter).

TIU : Figural 7 soal, deret, hitungan sederhana (ada desimal juga ya) perbandingan nilai, padanan kata, ide pokok, membetulkan kalimat yang efektif gimana ( ini 4 soal sendiri)
TKP : sesuai kisi-kisi, TI, jejaring kerja, profesionalisme, DLL.

Soal TWK sendiri merupakan tes wawasan kebangsaan yang isinya berkaitan dengan beberapa hal diantaranya nya nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia. Mari kita mulai dengan nasionalisme, sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu pegawainya harus mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi selalu menjunjung kepentingan bangsa diatas kepentingan kepentingan lainnya berkorban untuk kepentingan umum dan mampu mengesampingkan kepentingan pribadi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selanjutnya FR peraih Passing Grade nilai 409 “ kebetulan saya sudah bekerja dan punya anak, jadi waktu untuk belajar susah sekali, saya Cuma belajar dari ayo CPNS dan pembahasan SKD dari Youtube salah satunya dosenNdeso”. Alhamdulillah saya bisa mendapat nilai 409 buat teman tidak usah takut karna bisa belajar dari manapun Youtube,buku, website,dll. Untuk soal TWK :

1. Batik sudah banyak digunakan dari setiap daerah sebagai NKRI kita.....
2. Ki hajar Dewantara tentang pendidikan pada kaum pribumi, nilai yang diambil....
3. Vietnam-Kamboja, Indonesia pro aktif dengan....
4. Pengguna produk dalam negeri, sebagai....
5. Pengamalan sila ke 4, ada pilihan tindakan mana yang termasuk ....
6. Kata baku...
7. Nilai sosial yang diambil dari narasi ( 3 soal)

TIU :

1. Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pecahan ( saran hapalin pecahan kalau jadi            desimal berapa biar cepat)
2. Urutan posisi.
3. Figural.
4. Perbandingan jumlah pekerja dengan waktu (2 soal)
5. Jika sewa mobil Rp. 540 rb per jam, berapa harga sewa 30 menit ? (Konversi Satuan)
6. Jika harga beras 2 kuwintal 800 rb, berapa harga 20 kg beras?

TKP : banyak latihan soal ayo cpns, biar lebih sensitif sama poin 5
TWK : perbedaan Gol tua (Soekarno, dkk) dan gol muda....

Selain itu kita juga harus memiliki nilai integritas yang tinggi agar nantinya dalam melaksanakan tugas bisa jalan dengan baik sehingga mencapai kinerja yang baik pula.

Tidak hanya di situ saja pegawai harus mempunyai temuan yang mendalam pilar negara serta apa saja materi-materi yang berkaitan dengan pilar negara tersebut. Dan apabila ditinjau lebih jauh mengenai materi soal TWK ini ternyata materi-materi yang harus dipelajari oleh peserta dan kuasai memang cukup luas, rasanya tidak mungkin dalam waktu singkat kita bisa menguasai sepenuhnya. 
Buat teman-teman saya udah tes SKD alhamdulillah dapat nilai 392 (twk 100, tiu 140, tkp 152) ini soal-soal yang saya ingat, semoga bisa membantu teman-teman semua karena saya juga dapat terbantu dengan fr dari teman-teman dan pembahasan disini.

TWK 
1. Peran ahmad Soebardjo dalam kemerdekaan (mengatakan pada pemuda bahwa proklamasi akan          tetap dilaksanakan 17 agustus, meyakinkan soekarno untuk membacakan proklamasi, dll)
2. Presiden memberhentikan polri dan pejabat lembaga negaranya karena korupsi, karena apa                  (wewenang presiden sebagai lembaga Eksekutif, ketentuan hukum)
3. Pengamalan pancasila mudah karena pilihan berupa kalimat yang masing-masing kontras, bisa di        nalar.
4. Tidak dapat soal natuna.
5. Tidak dapat soal pasal.
6. Mengenalkan wisata Indonesia ke mancanegara merupakan sikap (bela negara dalam wujud                pariwisata, membantu pemerintah memajukan pariwisata)

TIU
1. Figural dapat 5 soal ( polanya rada susah menurut saya)
2. Operasi hitungan sederhana pecahan 3 soal.
3. Urutan tempat duduk dan umur dapat 3 soal.
4. Deret 3 soal, pola loncat 1 dan loncat 2.
5. Silogisme semua ada kesimpulan
6. Analogi erosi : banjir + olahraga :....
7. Mencari kecepatan waktu dan jarak sudah diketahui.

TKP
Soal tidak panjang, jawaban Cuma 1 kalimat, jawaban rada mirip tapi saya yakin teman-teman bisa tik, bagaimana kita menerima perubahan dari sistem kerja manual menjadi sistem daring (online).
Bayangkan semua materi tersebut harus dikuasai setidaknya apapun jawabannya bisa mempengaruhi beberapa nilai yang tinggi agar bisa lulus dalam tes CPNS yang telah ditentukan. Perlu diketahui dalam tes yang telah berlangsung banyak peserta SKD CPNS yang jatuhnya atau gugur di materi TWK tahun ini yang mengeluh sulitnya soal tersebut. 

Oke Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan kali ini dan Semoga bermanfaat buat teman teman dan dapat menjawab soal test cpns dengan hasil yang menyenangkan tentunya. Aminnn..







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel