iklan dibawah header

Hal yang harus anda ketahui Jika berada dalam PESAWAT Saat Lepas Landas !

Hal yang harus anda ketahui Jika berada dalam PESAWAT  Saat Lepas Landas !
Perjalanan udara bisa jadi sangat melelahkan jadi tak heran banyak orang memilih untuk tidur saat terbang dan meskipun tak dapat dihindari jika kamu terbang jarak jauh sebenarnya kamu mempertaruhkan kesehatanmu jika tidur saat pesawat akan lepas landas atau mendarat. Ketika pesawat sedang lepas landas atau mendarat di dalam kabin terjadi perubahan tekanan udara dengan cepat dan ini berdampak kepada udara yang terperangkap dalam telinga mu karena tak cukup waktu untuk menyeimbangkan tekanan karena itu keadaan hampa udara terjadi di bagian telinga yang bernama tuba eustachius telingamu menjadi tersumbat dan semua bunyi yang kamu dengar menjadi samar-samar.

Kamu harus terjaga saat hal ini terjadi jika tidak kamu takkan mampu menyeimbangkan tekanan udara dalam telingamu dengan mengendurkan dan membuka tuba eustachius mu  dan jika tak melakukannya kamu akan merasa pusing dan telinga mu bisa sakit dalam kasus paling parah bahkan bisa menderita infeksi telinga, mimisan atau hilangnya pendengaran. Untuk menghindari semua kondisi tidak enak ini kamu harus menguap atau banyak menelan air liur untuk bisa ditelan cobalah mengunyah permen karet, permen keras atau cukup minum air saja! jika hal ini tidak membantu pencet hidungmu seraya meniupkan udara dari hidung. 

Tidak tidur selama lepas landas dan mendarat sangat masuk akal tapi banyak hal lain yang menjadikan perjalanan udara mu kurang aman dan nyaman misalnya mengabaikan petunjuk keselamatan. Bisa jadi kamu adalah wisatawan yang berpengalaman dan sudah hafal semua petunjuk itu, tapi jangan kenakan handphone atau berbicara dengan rekan penumpang saat awak kabin menjelaskan semuanya. 

Ya, kebanyakan maskapai mempunyai peresentasi keselamatan yang serupa tapi menyegarkan ingatan tak ada buruknya dalam keadaan darurat informasi ini dapat menyelamatkan jiwamu. 

Melepaskan Sepatu 
Mengistirahatkan kakimu dari sepatu selama penerbangan sepertinya bagus tapi kabin pesawat itu kedap udara dan udara di dalamnya selalu didaur ulang,  jadi jangan buat rekan seperjalanan pun mencium bau kaus kaki mu dan semoga mereka melakukan hal yang sama kepada mu.
Di samping itu lantai kabin penuh dengan kuman, tapi jika kamu sungguh ingin melepas sepatu bawalah sandal dalam bagasi Jinjingmu. 

Tidak meminta izin awak kabin sebelum berpindah kursi 
Mungkin kamu berpikir ini tak apa-apa tapi ini masalah besar tentu jika kamu berpindah beberapa baris tak akan menyebabkan masalah bagi pesawat besar, tapi melakukan ini di pesawat regional dapat mengganggu pusat gravitasi yang penting sekali saat lepas landas. Jadi beritahukan rencanamu untuk menempati kursi kosong yang kamu lihat kepada awak kabin dan pastikan itu tak masalah.


Memakai  lensa kontak 
Pakailah kacamata selama terbang terutama untuk penerbangan jarak jauh,  udara dalam kabin jauh lebih kering daripada di daratan dan itu bisa mengiritasi mata dan jika kamu berencana tidur selama penerbangan dengan lensa yang bukan untuk pemakaian bermalam kamu akan melukai matamu.

Makan-makanan yang menyentuh meja nampan
Sayangnya Kru kebersihan tak punya cukup waktu di antara penerbangan untuk membersihkan kabin secara menyeluruh. Para ahli berkata bahwa meja nampan  mengandung 8 kali lebih banyak bakteri dari pada tombol penyiram di kamar kecil. Jadi kalau kamu tak membawa tatakan makan atau pembersih tangan sendiri ucapkan selamat tinggal kepada roti lapis yang baru saja jatuh di meja nampan.

Lupa minum air putih 
Udara yang kering bisa membuatmu merasa pusing atau tenggorokanmu  kering di tengah malam jadi
penting untuk tetap terhidrasi,  tapi sedikit fakta tangki air di pesawat bukan benda yang paling bersih di bumi itu sebabnya kamu harus membawa botol kosong dalam bagasi jinjingmu dan mengisinya setelah mpemeriksaan keamanan di bandara dan lagi hindari minum teh atau kopi di pesawat meski itu diseduh dengan air mendidih kafein dalam minuman itu berefek dehidrasi.

Memakai selimut  
Banyak maskapai  menyediakan selimut dan bantal bagi penumpang yang membutuhkan,  tapi itu juga tidak cukup sering dicuci biasanya staf kebersihan  tidak mengurusnya sampai jam kerja berakhir kalau tak ingin memeluk dirimu dengan selimut yang dipakai orang sebelum untuk menutup kaki atau bersin bawalah selimut kecil sendiri.

Mematikan ventilasi udara di atas kursimu
Ya, di dalam pesawat bisa jadi saat ini dan kamu tak ingin menggigil atau masuk angin di sepanjang perjalanan tapi lebih baik menggunakan sweater dari pada mematikan AC Virus dan kuman yang menular melalui udara yang banyak terdapat dalam ruangan tertutup dapat bertahan di udara hingga 5jam Jadi tanpa ventilasi yang baik kamu hanya meningkatkan peluang untuk menghirupnya.

Tidak bangkit dari tempat duduk
Duduk di kursi sepanjang penerbangan itu buruk bagi tubuhmu, bangkitlah untuk meregangkan otot atau berjalan selama beberapa menit , jika tak bisa bangkit karena alasan tertentu kamu masih tetap bisa melakukan sedikit olahraga di tempat duduk misalnya arahkan badan ke kiri dan ke kanan serta akangt  lututmu ke dada . 

Menekan tombol penyiram di kamar kecil dengan jari
Hanya karena tidak sekotor meja baki, bukan berarti kamu bebas menyentuhnya. WC umum tetaplah WC umum meski ada di pesawat.  Setelah menyelesaikan hajat cuci tanganmu dan gunakan kertas tisu untuk mematikan air dan menyiram toilet,  kamu bahkan bisa menggunakannya untuk membuka pintu kamar mandi.

Memakai celana pendek
Atau pakaian apapun yang tak menutup badan bagian bawah  sepenuhnya seperti gaun pendek rok atau jumpsut pendek. Mungkin sekarang kamu sudah bisa menebak kenapa hal i ini buruk, ya kuman dimana-mana dan kursi-kursi jarang dibersihkan dengan tuntas jadi lindungi kulitjadi lindungi kulitmu dari kontaklangsung dengan nya.

Mengabaikan perawatan kulit
Jika kamu terbang di siang hari jangan lupa memakai cream dengan SPF di pesawat kamu lebih dekat dengan matahari jadi duduk di dalam kabin atau tidak didekat jendela takkan menyelamatkanmu dari sinar itu ditambah jangan lupa melembabkan wajah mu selama penerbangan untuk mencegah kulit kering dan gatal karena kelembaban rendah.

Minum - minuman bersoda 
bepergian dengan perut kembung adalah siksaan berat jadi, jauhilah minuman bersoda karena gas perut dapat memuai sampai 30% karena pertambahan ketinggian “ya ampun” airkemasan biasa adalah pilihan paling aman saat dalam penerbangan.

Menyimpan bagasi jinjing yang berat dalam kompartemen
Bisa dimengerti kenapa penumpang membawa barang sebanyak mungkin ke ataspesawat tapi saat pesawat mengalami turbolensi kompartemen di atas kepala mungkin terbuka danteas berat yang jatuh dari atas  dapat menyebabkan cedera parah bagi kamu atau orang lain. Menurutmu barang-barang apa yang harus dibawa di bagasi jinjing dalam penerbangan? beritahu saya di kolom komentar ya!.

Tidak mengencangkan sabuk pengaman saat tanda menyala 
kamu harus tetapi kursimu dan mengencangkan  sabuk pengaman saat pesawat sedang lepas landas, taxing, mendarat dan selama turbo lensi, tak ada pengecualian untuk aturan ini bahkan bagi awak kabin. Hindari  situasi berbahaya dengan tetap duduk di kursi meski kamu ingin ke kamar mandi atau meluruskan kaki sampai lampunya kembali mati. Tetaplah mengenakan sabuk pengaman di atas selimut jika kamu sedang memakai selimut dan ingin tidur nyenyak, dengan begitu awak kabin tak perlu membangunkanmu untuk memastikan apakah kamu mematuhi peraturan.

Berlari kepintu keluar
Jika pesawat telah mendarat tetaplah dikursimu, tak perlu bergegas ke pintu yang terbuka dan mendorong – dorong orang lain,  kamu tak akan menghemat waktu dengan cara itu dan hanya akan terjebak dalam kerumunan saat orang-orang sedang mengumpulkan barang-barang dan anak-anak mereka, akhirnya kamu hanya akan putus asa tapi jika memang sedang bergegas karena alasan yang serius atau ada penerbangan lanjutan jelaskan kepada para awak kabin sebelum pendaratan kemungkinan mereka akan membantumu keluar lebih cepat. 

By:Admin Bangjek.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel