iklan dibawah header

TIPS AGAR LULUS WISUDA S1 3,5 TAHUN, INI PENGALAMAN PRIBADIKU!

tips agar lulus wisuda s1 3,5 tahun. ini pengalaman pribadiku



Lulus tepat waktu adalah dambaan semua mahasiswa benar kan? Di setiap ketemu orang tua, keluarga besar dan orang sekitar, entah yang benar-benar mendoakan semoga cepat selesai kuliahnya. Kata yang paling sering terucap adalah “Semoga cepat lulus” mereka tidak peduli dengan yang masih semester awal atau semester akhir. Yang mereka tahu adalah kita sedang kuliah dan tujuan lulus, lalu mencari pekerjaan.

Nah, disini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya, saat kuliah mulai dari awal masuk sampai akhirnya wisuda dengan sedikit kaget karna tidak menyangka alhamdulillah akhirnya selesai dalam waktu 3,5 Tahun. Oia Perkenalkan dulu ya teman-teman saya Sri Wahyuni, saya Kuliah Tamatan di Universitas Muhammadiyah Riau  Jurusan Akuntansi dengan IPK 3,20. Ini awal kisahku bermula pada tahun 2013 aku sudah memiliki keinginan untuk melanjutkan perguruan tinggi, ya meskipun ketika itu aku masih duduk di bangku SMK kelas 2. Namun aku sudah berusaha membuka peluang dengan adanya SBMPTN tes masuk perguruan tinggi sehingga memudahkan aku. Tapi sayang aku tidak lulus di perguruan tinggi negeri itu, dan aku mencoba masuk ke Universitas Muhammadiyah Riau. Namun semuanya akan ku jalani dengan baik, karena di dalam hati aku memiliki target harus lulus dalam jangka waktu 3,5 tahun, sehingga setelah kuliah aku sudah bisa mencari kerja.

Selain mengikuti kuliah aku juga aktif mengikuti kegiatan Ekstra dan Intra kampus, hal ini ku lakukan untuk menambah wawasan, menambah pengalaman, dan menambah ilmu pengetahuan di luar mata kuliah yang ada. Karena meskipun aku memiliki tekat untuk bisa lulus 3,5 tahun aku juga tidak mau kekurangan pengalaman dan tetap Eksis memiliki banyak teman dan jaringan. Tujuan utama kita adalah untuk kuliah dan bisa menghasilkan gelar sehingga bisa lulus dan membahagiakan orang tua. Bukan justru organisasi menjadikan kita dominan dan lupa daratan sehingga kuliah terabaikan, hal itu bukan ada dalam kamus hidupku. Selaku mahasiswa yang bijak kita harus bisa memilih dan memilah mana yang lebih utama dan paling utama, sehingga kita tidak menjadi mahasiswa yang abadi.

Dukungan dari orang-orang terkasih sangat berpengaruh besar dalam meraih kesuksesan. Namun yang namanya halangan dan rintangan pasti datang tanpa di undang. Baik itu kita bisa atasi sendiri atau butuh bantuan orang lain kesemuanya pasti ada cerita dan cara mengatasi sendiri dalam artian mempunyai jurus jitu untuk bisa mengatasi masalah yang datang. Seorang mahasiswa sangat rentan dengan kata “malas” baik itu dalam hal bertindak maupun dalam keseharian mengatasi mata kuliah. Untuk mengatasi jenuh dan malas dalam mata kuliah aku punya jurus jitu untuk menghadapinya artinya “target untuk lulus 3,5 tahun gagal. Kalau gagal 3,5 tahun itu artinya aku juga gagal untuk membina keluarga yang bahagia. Sehingga rasa malas dapat terkalahkan dan bisa semangat dan bangkit menatap masa depan yang cerah”.

Karena waktu dan perubahan fokus itu juga, akhirnya aku bisa ambil SKS yang cukup banyak di setiap semester. Sampai akhirnya di semester 7 aku udah bisa ngerjain skripsi duluan karena jumlah SKS nya mencukupi. Kok bisa ambil sih skripsi di semester 7 dan lulus 3,5 tahun? Pada umumnya sih mahasiswa S1 itu lulus dalam waktu 8 semester, atau setara 4 tahun. Kalau menurut aku, sebenarnya kebanyakan orang itu bisa kok untuk mengambil skripsi dan langsung lulus di semester 7 selama SKS mereka mencukupi. Cuman setau aku ada juga mahasiswa yang emang gak tahu dari awal bahwa dia bisa lulus 3,5 tahun, sehingga SKS yang di ambil gak mencukupi di akhir. Dan karena gak tahu, akhirnya gak nyusun planning atau strategi sejak awal meskipun sebetulnya bisa lulus lebih cepat. Alasan lain juga karena ada mahasiswa yang memilih untuk mengambil skripsi di semester 8, karena masih pengen jadi mahasiswa atau ada kesibukan lain. Nah, ada juga yang ambil karena ketakutan sibuk.

Kalau dari aku, yang aku sayangkan sih orang-orang either takut atau memang gak tahu sejak awal. Emang sih ada sebagai jurusan yang gak memungkinkan mahasiswa untuk lulus dalam 3,5 tahun. Tapi banyak juga kok jurusan yang memungkinkan mahasiswanya untuk lulus 3,5 tahun.
Kenangan yang paling menyenangkan dan menjadi ingatan dan semangat hidupku adalah aku bisa mengajukan proposal skripsi dan mendapatkan Acc dari dosen dan bisa dilanjutkan menjadi sebuah skripsi di bulan Januari tahun 2016. Sehingga aku bisa pastikan mata kuliah selesai, skripsi juga selesai. Bagaimana tidak, aku bisa mengajukan dan membuat skripsi ketika aku KKN (Kuliah Kerja Nyata), di sela-sela waktu senggangku. Namun kemudahan itu bukan bearti tidak bertantangan, hambatan, dan rintangan banyak. Dari diceramahi dan di marahi pembimbing berkompetisi dengan mahasiswa lain namun alhamdulillah kesemuanya dapat aku selesaikan dan sudah terlewati. Akhirnya pada tanggal 13 Mei 2017 aku bisa wisuda, dengan IPK (Indeks Prestasi Komulatif) 3,40. Nah, buat teman yang ingin cepat lulus kuliah maka bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini. 

Berikut tips yang bisa teman-teman gunakan.

1.Rajin berangkat kuliah
Buat teman-teman yang ingin cepat lulus, maka harus rajin berangkat kuliah. Setiap mata kuliah memiliki peraturan berbeda-beda. Ada yang memang harus rutin berangkat dan tidak. Namun alangkah baiknya untuk teman-teman bisa rajin untuk kuliah.

2.Nilai harus bagus
Setiap mata kuliah setidaknya harus minimal bernilai B. Semua nilai mata kuliah yang bernilai B sudah cukup baik untuk kelulusan teman-teman. Tidak hanya nilainya saja yang bagus, namun untuk IPK juga harus baik. Setiap semester memiliki IPK masing-masing maka, usahakan teman-teman berada di nilai 3,0 keatas.

3.Buat target untuk lulus 
Semua apa yang harus dilakukan memang harus diberikan target. Termasuk untuk kelulusan kuliah ini, sebenarnya untuk target harus di susun sejak awal masuk perkuliahan. Namun, jika sudah berjalan beberapa semester maka tidak masalah. Apakah teman-teman ingin lulus dengan cepat? “YA”, maka yakinlah diri untuk bisa semangat lulus sarjana dengan waktu 3,5 tahun. Tentu, akan banyak tantangan jika teman-teman ingin lulus cepat. Tetap pada pendirian dan percaya bahwa target lulus dengan cepat bisa teman-teman lakukan.

4.Fokus dalam mengerjakan skripsi
Kalau sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir, teman-teman pun mulai dihadapkan dengan namanya skripsi. Kebanyakan mahasiswa sudah mengambil skripsi dengan sisa mata kuliah yang sedikit sehingga memiliki waktu luang yang banyak. Kerjakan skripsi dengan fokus dan tenang, serta konsultasikan perkembangan skripsi mu dengan dosen secara berkala.adanya revisi jangan membuat semangatmu patah, segeralah mengerjakannya, demi cepat mencapai sidang akhir.

Semua orang bisa lulus 3,5 tahun, apabila kamu masih mahasiswa baru, maka kamu sudah memikirkan strategi-strategi apa yang dapat kamu lakukan untuk menyerap ilmu dengan maksimal dalam waktu singkat. Namun, apabila kamu sudah menuju semester akhir, manfaatkanlah waktu-waktu yang tersisa dengan baik. Lulus kuliah dnegan waktu 3,5 tahun bearti kamu bisa menghemat waktu dan biaya. Setiap kali kamu ingin menyerah dalam menyelesaikan skripsimu ingatlah ada orang tua dan keluarga yang tidak sabar melihatmu di hari wisuda dengan rasa bangga dalam hati. Nah, itulah sedikit pengalaman pribadi saya saat kuliah semoga teman-teman bisa lebih semangat lagi yang masih nyusun skripsi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel