UNDANG-UNDANG PERNIKAHAN DI SAHKAN DPR, MINIMAL USIA 19 TAHUN BOLEH MENIKAH

UNDANG-UNDANG PERNIKAHAN DI SAHKAN DPR, MINIMAL USIA 19 TAHUN BOLEH MENIKAH

Dalam laporannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan Anak (PPPA) menyampaikan rasa terima kasih kepada DPR atas RUU pernikahan ini, dia berharap Undang-Undang ini bisa menciptakan generasi emas untuk anak-anak di Indonesia. Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR, Totok Daryanto menyatakan, RUU pernikahan telah menyepakati usia minimum nikah bagi laki-laki dan perempuan jadi 19 tahun. DPR RI akan mengesahkan revisi UU Perkawinan No 1/1974 dalam sidang rapat paripurna, Senin (16/9/2019).

“RUU Perkawinan akan disahkan dalam paripurna, hasil pembahasan tingkat I di Baleg menyepakati perubahan pasal 7 yang mengatur tentang usia boleh kawin laki-laki dan perempuan. Disepakati bahwa batasan usia yang dibolehkan melakukan perkawinan antara laki-laki dan perempuan adalah sama , usia 19 tahun.

“Undang-undang ini juga mewajibkan pemerintah agar melakukan sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat tentang berbahayanya pernikahan usia dini ditinjau dari berbagai aspek, menerangkan bagi laki-laki dan perempuan yang mau menikah tetapi belum memenuhi syarat umur minimal harus mendapatkan dispensasi dari pengadilan setempat.

Namun, pengajuannya wajib disertai alasan yang kuat. Dispensasi bisa diberikan harus melalui pengadilan yang diajukan oleh orang tua pihak laki-laki/perempuan. Harus disertai alasan yang kuat dan pengadilan harus menghadirkan calon laki-laki dan perempuan yang akan melangsungkan perkawinan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel