PERBEDAAN WEBSITE DETIK.COM DENGAN METROTV NEWS.COM

Jaman sekarang keberadaan media sosial online sudah tidak asing bagi kebanyakan masyarakat. Tidak hanya media baruyang sengaja muncul secara online, perusahaan media yang telah ada sebelumnya juga ikut mengeluarkan versi online. Tentu ada beberapa perbedaan dan persamaan antara website Metrotv dengan website media online yang memang hanya dalam versi online, berikut ini ada hasil analisis terhadap kedua website dalam beberapa kriteria:

Content:
Metrotvnews.com menerapkan sistem penulisan non linear, dimana berita dapat di potong dalam beberapa bagian. Misalnya, ada berita “Wanita Meninggal Usai Minum Kopi di Grand Indonesia”. Metrotvnews.com juga memberikan link terkait dengan berita selanjutnya di sebelah kiri laman. Begitu pula dengan Detik.com, berita di sajikan secara berkelanjutan dengan memberikan hyperlink kebagian berita.

Functionality:
Web Metrotv dan Detik.com sama-sama di gunakan. Berita telah tersaji di halaman awal sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengaksesnya. Kedua web juga tidak di didesain rumit sehingga mudah digunakan oleh pengunjung.

Navigation:
Detik.com memberikan pilihan berita di bagian atas halaman, seperti berita daerah, internasional, kolom, dan lain-lain. Sementara Metrotvnews.com juga memberikan pilihan tersebut, metrotvnews.com lebih memberikan pilihan jenis berita yang ingin dibagikan misalnya ekonomi, bola, olahraga, dan lain-lain. Jika dilihat dari sistem pencari, Detik.com lebih mudah digunakan dari pada Metrotvnews.com karena  Detik.com memberikan pilihan detail pencarian yang meliputi periode waktu dan kategori. Sedangkan pada Metrotvnews.com pembaca hanya dapat mencari melalui kata kunci saja. Selain itu, Detik.com juga memberikan layanan index yang dapat mempermudah pembaca untuk memilih berita apa yang di cari.

Audio/Video Quality:
Berita yang di muat dalam Detik.com selalu berisi foto, tapi tidak hanya itu Detik.com juga menyediakan DetikTV yang berisi video-video. Namun video yang ada dalam website tersebut hanya berdurasi sedikit dua puluh detik hingga tiga menit. Jika dilihat dari kegunaannya, video yang di tampilkan Metrotvnews.com lebih berguna atau bermanfaat karena dapat memberikan kesempatan bagi penonton yang belum sempat melihat di televisiuntuk menonton versi online. Sedangkan video yang ditampilkan Detik.com kurang bermanfaat karena dalam video tersebut hanya di lengkapi oleh teks pendek, sehingga penonton juga harus membaca penggunaan video kurang efektif.

Sekiranya saya mampu memberikan gambaran perbedaan antara Metrotvnews.com yang sejatinya berasal dari media penyiaran dan Detik.com yang memang hanya online aja. Karena setiap media memiliki kelebihan dan kekurangan dalam setiap kriteria di atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel