MEDIA SOSIAL MODERN BERBASIS INTERNET


Perkembangan teknologi tidak dapat kita hindari. Pada masa sekarang ini, orang-orang makin hebat dalam menciptakan berbagai hal apalagi dipermudahkan dengan perkembangan teknologi. Tak dapat di pungkiri, bahwa perkembangan teknologi informasi melahirkan media yang baru yang mungkin sekarang ini kita pasti memilikinya dan sering menikmatinya. Perkembangan teknologi informasi inilah yang akan memunculkan kata “lama” dan “baru” pada media istilah untuk media baru pun juga tidak menimbulkan banyak perdebatan. Hal ini dikarenakan media baru tumbuh di jaman yang penting.

Media baru apabila dikaitkan dengan bidang lainnya tentu makin rumit. Terdapat faktor-faktor dari bertambahnya cakupan bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Faktor-faktor tersebut adalah:
Pergeseran modernitas ke postmodernitas.
Memperkuat proses dari globalisasi.
Pergantian masa industri ke pos industri.

New media yang sering kita sebut sebagai media baru tentunya memiliki karakteristik. Terdapat ada 3 karakteristik dalam media baru meliputi:

Digital : hal ini di jelaskan bahwa media baru sangat berbeda dengan apa yang dimiliki media lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari semua proses seperti pemasukan data akan di rubah menjadi bentuk angka. Data-data tersebut kemudian akan muncul dalam berbagai bentuk sperti grafis, teks, diagram, foto, dan video.

Interaktivitas : komunikasi yang berbentuk tidak lagi komunikasi satu arah melainkan komunikasi dua arah. Hal tersebut secara umum dapat diartikan ketergantungan pengguna dengan media di tentukan oleh lamanya interaktivitas bertahan.

Hypertextual : hypertext  sebgai teks nyang menawarkan / menyediakan jaringan dari link teks lain yang berada di atas, luar, dan di balik teks. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa media baru terbagi dari berbagai jaringan yang telah di susun, penghubung inilah yang dapat disebut hypertext.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel