Korupsi Sudah Terjadi Dari Zaman Orde Lama Yaitu Pada Tahun 1951-1965


Penyebab krisisnya ekonomi yang sering kita dengar adalah karena korupsi. Masih banyak masyarakat khususnya pejabat Negara seperti anggota DPD/DPRD yang melaukan korupsi. Korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Apalagi yang melakukan adalah para tokoh agama dan pejabat Negara. Tentunya hal itu tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila bukan contoh yang baik buat masyarakat, terkhususnya masyarakat yang telah memilih untu mempercayai mereka mengelola bangsa dan negara ini.

Indonesia merupakan salah satu negara yang masih berkembang dan belum bisa di katakan Negara maju. Banyak faktor yang menghambat negara Indonesia untuk dikatakan Negara maju salah satunya faktor ekonomi. Korupsi merupakan salah satu masalah yang tidak pernah selesai untuk dibasmi di Indonesia. Mengapa? Karena mereka yang melakukan korupsi tidak memilki kesadaran akan dirinya sendiri untuk melakukan korupsi.

Baca Juga : Mengenang Sosok Seorang Bj.Habibie Presiden RI ke 3

Mungkin masyarakat yang melihat dan menonton kasus korupsi ini dari rumah, merasa aneh mengapa sebagian besar korupsi dilakukan oleh pejabat negara dan artis-artis ternama.para pelaku korupsi ini tidak tahu bahwa masih banyak masyarakat diluar sana yang tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, bahkan untuk makan aja susah. Karena korupsi inilah banyak orang mengatakan” Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin”.

Korupsi sudah menjadi sejarah yang tidak terpisahkan dari Indonesia. Korupsi sudah terjadi dari zaman Orde Lama yaitu 1951-1965, yang dilakukan oleh tokoh-tokoh politis ternama. Namun korupsi tidak berhenti di Orde Lama tetapi berkelanjut ke Orde Baru. Pada zaman soeharto, dibentuklah tim pemberantasan Korupsi 1982 yang bertujuan membantu pemerintah dalam memberantas korupsi. Banyak pejabat Negara yang memanfaatkan kekuasaannya untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Inilah mengapa Indonesia masih mengalami krisis ekonomi. 

Seharusnya uang tersebut digunakan untuk memajukan Indonesia, untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru, bukan untuk dimilki secara pribadi untuk kesenagan semata. Oleh karena itu KPK hadir untuk memberantas kasus-kasus korupsi yang dilakukan pejabat Negara atau wakil rakyat. Selama ini KPK sudah banyak menangani kasus korupsi yang terjadi di Indonesia, dan KPK memberitahu dengan jelas pelaku-pelaku korupsi, yang mayoritas dilakukan oleh anggota DPR dan DPRD. 

Tetapi adanya KPK, tidak menutupi kemungkinan wakil rakyat tersebut jera untuk melakukan korupsi. UU KPK yang mungkin akan melumpukan dan merugikan KPK itu sendiri. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat taat akan peraturan negara dan mendukung KPK  dalam menjalankan tugasnya.

Dengan hilangnya korupsi dari Indonesia, krisis ekonomi akan berkurang, dengan berkurangnya krisis ekonomi, Negara Republik Indonesia bisa menjadi Negara yang Maju dan rakyat Indonesia pun menjadi sejahtera. Bangsa Indonesia harus sadar dan tidak main-main dalam melawan dan memberantas korupsi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel