DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP ANAK - ANAK


      Perkembangan teknologi informasi mengakibatkan penyebaran informasi semarin cepat. Era Tsunami arus informasi yang terjadi harus di sikapi dengan baik sehingga kita terhindar dari berbagai berita hoax. Langkah sederhana yang dilakukukan memberikan edukasi terhadap anak, maupun anggota keluarga lainnya dalam menyikapi berita hoax yang ada di masyarakat.

Banyak yang beranggapan semua berita informasi yang kita dapat di internet atau media adalah baik. Untuk itu kita perlu membentangi diri lebih memilah informasi yang kita serap.

Era internet ini memunculkan sejumlah persoalan khusus yang berdampak pada anak-anak karena pola pikiran mereka masih banyak yang ingin tahu. Literasi digital adalah kecakapan atau pemahaman seseorang dalam menggunakan media sosial dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan komunikasi dan menjadi kebutuhan mendesak sekarang ini, sebab kemajuan teknologi yang tidak diimbangi oleh kecerdasan dalam menggunakan teknologi digital.

Literasi digital membuat penting karena mampu membuat kita :

- Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.
- Memecahkan masalah yang terjadi.
- Lebih mengetahui arti dari pengguna teknologi modern.
- Tidak menggunakan teknologi sebagai wadah kejahatan.
- Menjadi pengguna yang baik.

Pesatnya perkembangan media sosial sangat memungkinkan anak terpapar oleh berbagai macam berita hoax. Literasi harus direvolusi untuk mencerdaskan masyarakat milenial. Maka gerakan literasi yang digagas kemendiknas harus didukung. Mulai dari gerakan literasi sekolah, keluarga, dan gerakan literasi nasional. 

Rata-rata masyarakat tidak membaca karena faktor kesibukan mencari nafkah, tidak suka membaca, dan tidak adanya bahan bacaan. Bahkan mereka tidak tahu bacaan berkualitas itu seperti apa. Disinilah perlu adanya edukasi literasi kepada masyarakat luas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel