CARA MENGATASI LAPTOP TIDAK MAU MENYALA

Pada saat laptop tidak menyala tentunya membuat kita kesal, serta kebingungan bagaimana cara untuk memperbaikinya sesegera mungkin. Laptop tidak menyala tentunya dapat menghambat rutinitas pekerjaan kita. Nah disini dapat kita rangkum, beberapa langah untuk memperbaikinya, sekiranya  dapat memulihkan laptop yang sebelumnya tidak dapat menyala, berikut cara cara nya .

1. Periksa baterai / adaptor
Besar kemungkinan masalah diakibatkan sumber daya listrik. ini bisa saja baterai habis atau rusak, charger sudah tidak bisa dipakai atau minta ganti. Cobalah pakai baterai lain jika tidak ada, copot dan nyalakan hanya dengan charger saja.

2. Lakukan power reset
Pastikan laptop sudah mati total dan tidak terhubung oleh arus listrik, lepaskan baterai pada laptop, dalam keadaan kosong tekan tombol power selama 30 detik, ini tujuannya agar listrik dalam laptop benar-benar tidak habis. Lalu pasang baterai dan colokan charger, kemudian nyalakan laptop seperti biasa.

Meski selama ini menggunakan hati-hati, suatu saat pasti akan rusak. Walau sudah menekan tombol dan menunggu lebih dari beberapa menit, layar monitor tetap saja hitam dan tidak mau menampilkan apa-apa. 

3. Instal driver
Meskipun OS sudah terinstal dan dapat digunakan,tetapi CD driver harus tetap terinstal. Cara instal driver tidak sama seperti OS windows yang harus masuk BIOS. Cukup saja masukkan CD ke VCD drive, buka file explorer, dan klik. 

4. Instal anti virus
Saat menggunakan laptop baru dibeli masih bersih dari virus. Untuk menjaga agar tetap bersih yang anda harus wajibkan awal-awal adalah menginstal aplikasi antivirus. Yang anda perlu lakukan sekarang cukup update rutin saja antivirus dan jangan lupa update lainnya melali setting > update & security > check for update

5. Instal aplikasi yang dibutuhkan 
Terakhir, anda lakukan pada komputer atau laptop baru pertama kali dipakai adalah menginstal aplikasi tambahan. Misalnya ada seseorang yang pekerjanya membutuhkan editor foto. Maka harus wajib menginstal Photoshop atau aplikasi image editor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel