CARA AMAN MEMILIH MENU MAKANAN SEHAT UNTUK ANAK DI USIA DINI YANG BAIK BAGI PENCERNAAN



Diusia anak sekolah akan mulai belajar mandiri, bertemu dengan teman-teman lainnya hingga memilih makanan sendiri. Kalau sudah begini, ada baiknya ibu mulai mengajarkan pada anak tentang makanan sehat dan membantu memberikan pengertian tentang jajanan sekolah yang tidak sehat.

Lebih lanjut, anak pada usia sekolah membutuhkan berbagai macam asupan gizi seimbang, karena anak sudah mulai memilki aktifitas fisik seperti olahraga. Berikut ada beberapa menu makan sehat untuk anak sekolah , berikut tips nya:

1. Sayuran dan buah-buahan
Makanan sehat untuk anak sekolah adalah sayur dan buahan. Sayuran dan buahan tinggi akan serat yang baik untuk anak. Ibu bisa memberikan anak jus buah utuh tanpa memberikan gula, ibu bisa memberikan jus dengan madu. Lebih lanjut sereal dari gandum juga tinggi serat yang baik untuk kalori anak. Sereal akan membuat anak kenyang lebih lama.

2. Susu
Susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Terlebih kalsium membantu menguatkan tulang dan gigi anak saat usia sekolah. Beberapa makanan yang mengandung kalsium dari susu, keju, dan yogurt. Ibu bisa memberikan sereal gandum dengan susu sarapan anak dan memberikan keju sehabis anak pulang sekolah.

3. Ayam, telur, dan ikan
Ketiga makanan tersebut merupakan protein yang tinggi, protein memiliki peran untuk pertumbuhan sel didalam tubuh, pemenuhan asupan protein tentu baik untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Ibu bisa memberikan roti gandum dengan telur untuk sarapan anak ibu dan jangan ragu untuk memberikan ikan laut seperti ikan salmon untuk menu makan siang karena salmon memiliki kandungan Omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung anak.

Baca Juga: Cara mengatasi anak susah makan


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel