BAHAYA KABUT ASAP BAGI KESEHATAN


Gojek-Basecamp Tuah Karya Solid - Pekanbaru

Hampir setiap tahun indonesia mengalami pembakaran lahan yang memiliki lahan gambut luas sehingga saat terjadinya kabut asap yang sangat menganggu bahkan sampai kenegri tetangga. Di tahun 2019 ini kabut asap kembali terjadi lebih parah dari tahun sebelumnya dengan sangat banyaknya titi api dari kebakaran lahan.

Kebakaran lahan di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Akan tetapi kebakaran yang dilakukan masyarakat untuk pembuka lahan pertanian cenderung tidak terlalu luas, pembukuan lahan yang bertujuan untuk perumahan dan perkebunan khususnya sawit yang memiliki jumlah luas wilayah dan inilah penyebab utama kabut asap yang terjadi.

Kabut asap dapat mengalami komposisi kimia yang berbahaya seperti karbondioksida (C02), karbonmonoksida (CO), nitrogen dioksida (Nox), dan nikel (Ni). Dengan begitu banyak kandungan zat beracun dalam kabut asap ini, bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti sesak napas, ISPA, bagi bayi atau anak-anak sehingga menimbulkan kematian.

Menggunakan masker akan melindungi mereka dari zat beracun dalam kabut asap sehingga hanya bisa mengurangi dan menyaring zat beracun yang berasal dari senyawa gas. Mereka tidak mengetahui bahwa ada partikel lain yang sangat berbahaya yang bisa menembus masker yaitu partikel logam berat seperti krom, kadmium, dan nikel.

Partikel logam berat yang ukurannya sangat kecil kalau kita lihat melalui pembesaran maka akan tampak seperti pecahan-pecahan logam yang tajam dan bisa melukai organ tubuh. Untuk bisa mencegah zat beracun kabut asap masuk dalam tubuh kita diperlukan jaringan yang super rapat sehingga hal yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan yang akan menimbulkan kabut asap yang sangat berbahaya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel